Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 11 November 2017

5 Fungsi LAN CARD Komputer

5 Fungsi LAN CARD Komputer - Saat ini, teknologi informasi telah berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ditunjukkan oleh munculnya berbabagi jenis komputer, entah itu komputer dengan barang pribadi seperti PC, laptop dan notebook.

Jenis komputer bersama dalam bentuk chip tertanam di mesin, untuk membantu performa mesin menjadi lebih baik lagi.

Berbicara tentang sistem komputer, komputer memiliki banyak bagian yang harus diperhatikan dalam perakitan, karena jika terjadi kesalahan, maka komputer tidak akan berjalan dengan baik.

Salah satu bagian atau bagian yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan dan juga mengoptimalkan fungsi jaringan komputer adalah kartu LAN.
5 Fungsi LAN CARD Komputer
5 Fungsi LAN CARD Komputer

LAN atau Local Area Network adalah jaringan tak terlihat, yang memiliki radius lokal, yang biasanya mencakup satu rumah, kantor, sekolah atau ruangan tertentu.

Kartu LAN itu sendiri memiliki bentuk seperti soket untuk jaringan telepon kabel, namun memiliki jumlah pin yang lebih banyak, dengan bentuknya cenderung lebih datar.

Jenis-Jenis Kartu LAN

Kartu LAN itu sendiri, seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini telah mengalami banyak perubahan.

Perkembangan LAN Card terbukti dari perubahan pada LAN Card, yang saat ini memiliki dua tipe utama:
  • Kabel Kartu LAN

Kartu LAN dengan koneksi kabel adalah salah satu tipe LAN Card klasik yang masih bisa digunakan saat ini.

LAN Card dengan koneksi kabel bisa menggunakan kabel untuk menghubungkan satu komputer dengan jaringan LAN atau jaringan lokal.

Penggunaan LAN dengan koneksi kabel masih banyak digunakan, karena dianggap lebih hemat biaya. Kartu LAN dengan koneksi kabel itu sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. ISA LAN
Ini adalah salah satu jenis LAN Card yang paling awal ditemukan dan diterapkan di PC dan komputer.

2. LAN PCI
Di produksi sekitar tahun 1992, LAN PCI merupakan penerus generasi ISA LAN yang masih digunakan pada komputer dan laptop.

3. LAN USB
Merupakan kartu LAN yang menggunakan teknologi USB sebagai konektivitas. Adalah salah satu jenis LAN Card yang paling sederhana dan mudah digunakan, karena bisa dilepas dan juga dibawa kemanapun - dimana dengan mudah dan juga praktis.

4. Kartu LAN Nirkabel
Sesuai namanya, kartu LAN jenis ini adalah penerus Kartu LAN kabel biasa, di mana konektivitas dari kartu LAN menggunakan teknologi nirkabel atau nirkabel.

Jenis Kartu LAN ini menggunakan anterna sebagai penangkap dan juga melepaskan sinyal secara lokal. Kelebihan dari jenis kartu LAN ini adalah tanpa menggunakan kabel, sehingga mudah dipasang dan juga mudah digunakan setiap hari.


Fungsi LAN Card pada Komputer

Kartu LAN di komputer Anda sendiri memiliki banyak fungsi. Fungsi utama kartu LAN adalah untuk mendukung fungsi koneksi jaringan antara komputer atau PC di ruangan, seperti kelas, kantor, sekolah, dan rumah.

Dengan koneksi antara PC dan server di ruangan menggunakan kartu LAN, komunikasi akan lebih mudah. Berikut adalah beberapa fungsi LAN Card yang bisa kita nikmati karena koneksi lokal antara PC:

1. Mainkan Multiplayer Game
Bagi pengguna yang gemar bermain game, pasti sudah terbiasa dengan penggunaan LAN Card dalam game multiplayer alias lebih dari 1 pemain dalam satu game. Beberapa permainan, seperti shooting games, bisa dimainkan dengan teman di satu ruangan atau bangunan dengan menggunakan akses LAN atau jaringan area lokal tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

2. Ngobrol antar agensi dalam satu gedung
Bagi yang mengerjakan sebuah perusahaan yang berada di sebuah bangunan yang cukup besar dan besar, dimana komunikasi sulit dilakukan dengan tatap muka maka Kartu LAN benar-benar akan membantu anda.

Jaringan lokal di dalam sebuah bangunan memungkinkan Anda berkomunikasi dengan rekan kerja di dalam gedung, yang terhubung ke LAN tanpa perlu menggunakan Internet.

3. Berbagi Koneksi Jaringan Internet di sebuah Kamar
Bagi yang berada di lokasi sekolah dan juga universitas atau perkantoran, biasanya setiap PC yang berada di lokasi tempat kerja terhubung dengan koneksi internet. Di sinilah LAN Card memegang fungsinya dengan baik.

Kartu LAN dapat membantu berbagi koneksi internet ke PC yang telah terhubung. Hanya butuh satu server saja, jadi koneksi internet bisa dinikmati semua jaringan PC dalam satu ruangan.

4. Berbagi File atau Dokumen Tanpa Koneksi Internet
Saat ini sharing dan sharing file sharing juga bisa dilakukan dengan menggunakan internet tenologi. Namun, di satu ruangan atau kantor yang terhubung ke LAN tidak perlu internet.

Anda dapat dengan mudah menyalin file atau dokumen yang ingin Anda berikan tanpa harus menunggu koneksi internet yang mungkin sering terganggu.

5. Digunakan untuk Warnet
Bagi anda yang berpikiran bisnis, LAN Card sangat berguna terutama untuk pembuatan sistem jaringan di warnet alias warung internet.


Dengan menggunakan LAN Card, maka semua komputer di warnet akan terhubung ke internet, dengan hanya menggunakan satu server saja. Karena itu, fungsi kartu LAN sangat penting, dan kita tidak bisa menerima begitu saja.

Demikian artikel tentang fungsi LAN Card di komputer.

Jika Bermanfaat Tolong Share ya :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Fungsi LAN CARD Komputer

0 komentar:

Posting Komentar