Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 08 November 2017

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (OS)

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (OS) - Seringkali kita mendengar kata operating system saat membicarakan gadget atau perangkat komputer. Sistem operasi atau yang lebih sering disebut OS dalam bahasa Inggris adalah satu hal yang harus dipelajari sebagai informasi teknologi informasi dasar, terutama bagi mereka yang sering menggunakan komputer dan gadget.

Pada artikel berikut akan dijelaskan secara lebih rinci tentang pengertian dan fungsi dari sistem operasi yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi atau yang juga dikenal dengan Operating System (OS) adalah salah satu perangkat lunak atau perangkat lunak yang bertanggung jawab mengelola atau mengendalikan pekerjaan perangkat keras atau perangkat keras dan menjalankan aplikasi atau perangkat lunak dalam sistem komputer.

Dengan kata lain sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem di komputer bisa berjalan dengan baik. Sistem operasi memungkinkan aplikasi bekerja sehingga sistem operasi juga disebut komponen esensial. Komputer dan sistemnya hanya bisa bekerja dengan sistem operasi kecuali jika komputer sedang booting.

Dapat dipahami dengan jelas bahwa sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau perangkat keras dengan perangkat lunak atau perangkat lunak. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, maka program dan aplikasi bisa berjalan.

Intinya, sistem operasi atau OS adalah sistem berlapis pertama dimana memori hard disk diletakkan. Saat ini ada banyak sistem operasi yang dikenal termasuk Linux, Windows, Mac OS dan sebagainya.

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (OS)
Tampilan interface linux (Ubuntu)

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (OS)
Tampilan interface mac os

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (OS)
Tampilan interface windows (Windows 8)

Fungsi Sistem Operasi

Sebagai software di komputer, sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting dan tanpa sistem operasi maka komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsinya. Beberapa fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai berikut:

1. Jalankan operasi dasar

Fungsi utama dari sistem operasi adalah menjalankan operasi dasar pada komputer. Sistem ini dianggap sebagai komponen vital yang mendasari karya software atau software lainnya.

Sebelum aplikasi ini bisa bekerja di komputer, maka sistem operasilah yang memungkinkan program atau aplikasi bisa berjalan dan ditampilkan kepada pengguna atau pengguna yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

2. Mengelola karya hardware dan software

Dapat dikatakan bahwa sistem operasi adalah Resource Manager di perangkat komputer.

Artinya, sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, hard drive, dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program perangkat lunak untuk terhubung dengan perangkat keras.

3. Program atau aplikasi kontainer

Aplikasi yang ada di komputer tersimpan di perangkat penyimpanan tapi sebenarnya aplikasi atau programnya ada di dalam wadah yang merupakan sistem operasinya sendiri. Aplikasi ini melekat pada sistem operasi dan tidak bisa bekerja tanpa sistem operasi.

Dengan analogi, sistem operasi adalah lantai dimana barang ditempatkan sehingga bisa digunakan misalnya meja diletakkan di lantai, meja tidak bisa bekerja jika tidak ada lantai dasarnya?

4. Menyajikan tampilan

Tampilan yang kita lihat di layar komputer atau gadget adalah hasil operasi OS atau sistem operasi. Dengan kata lain, sistem operasi memudahkan aplikasi berjalan bersamaan menampilkannya di monitor layar komputer atau menerjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU dan kemudian menampilkannya dalam bentuk teks, grafik dan lainnya yang mudah- untuk memahami pandangan.

Sistem operasi juga berfungsi sebagai antarmuka atau tatap muka antara pengguna dan perangkat keras yang mereka gunakan.

5. Mengkoordinasikan pekerjaan peralatan komputer

Selain mengelola perangkat keras dan perangkat lunak untuk terhubung satu sama lain, sistem operasi juga berfungsi untuk mengkoordinasikan semua hal di komputer, terutama menyusun program yang kompleks agar lebih sederhana dan berurutan. Sistem operasi memudahkan aplikasi bekerja lebih efisien.

6. Optimalkan fungsi peripheral komputer

Fungsi lain dari sistem operasi atau OS adalah mengoptimalkan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak. Misalnya, dalam hal mengatur waktu berfungsi CPU, memanggil data yang tersimpan dalam memori hard disk, atau mengatur waktu yang digunakan untuk koneksi di terminal.

7. Mengawasi dan melindungi jalannya fungsi program

Sistem operasi memungkinkan pengguna yang memiliki hak untuk mengakses komputer yang menjalankan program dan mengendalikan siapa yang dapat mengakses program atau dikenal sebagai fungsi Gate Keeper. Tidak hanya mengendalikan pengguna dalam mengakses sistem atau program, sistem operasi juga mengawasi segala hal yang pengguna lakukan dalam mengakses sistem program di komputer.

Semua file yang tersimpan di komputer juga dilindungi oleh sistem operasi dan hanya dapat diakses oleh orang-orang yang berhak mengaksesnya atau memiliki kontrol atau perangkat komputer. Dengan demikian pengertian dan fungsi dari sistem operasi yang bisa dipahami secara umum. Semoga bermanfaat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (OS)

1 komentar: